Syaikh Utsman Sarawak (w 1338H)

Seorang ulama besar kelahiran Barat yang belajar dan mengajar di Masjidil Haram, Mekkah. Lahir di Kampung Sinjan, Jakarta, pada hari Jumat 10/11 Muharram 1281H. Wafat di Makkah pada tahun 1338H dan disembahyangkan di Masjidil Haram dengan diimamkan oleh Syaikh Said al-Yamani.

Antara guru tempat ia menimba ilmunya di Makkah adalah panutan kita Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan dan murid beliau Sayyidi Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi. Menurut keterangan anak beliau, Syaikh Zainuddin bin Utsman, juga ulama di Makkah, yang menulis kisah hidup ayahandanya tersebut dalam kitab berjodol "Nafahatur Ridhwan" ,

Syaikh Utsman telah menerima, antara lain, praktek sholawat kitab "Dalailul-Khairat" dari Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan yang menerimanya dari Syaikh Utsman ad-Dimyathi yang menerimanya dari Syaikh asy-Syinwani yang menerimanya dari Syaikh as-Samanhudi yang menerimanya dari Syaikh al-Budairi yang menerimanya dari Syaikh al-Meknas yang menerimanya dari Syaikh Abu Qasim yang menerimanya dari Syaikh Muhammad asy-Syarafi yang menerimanya dari Syaikh 'Aziz at-Tabba `yang menerimanya dari penulis kitab yang berkat tersebut yaitu Syaikh Muhammad bin Sulaiman al-Jazuli.

Keterangan dari "Nafahatur Ridwan" Syaikh Utsman juga menerima ijazah langsung kitab "I` anatuh Tholibin " feqh Syafi `i dari pengarangnya yaitu murid Sayyidi Ahmad rhm, Syaikh Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi.
Saudara, bayangkanlah betapa halusnya jarum musuh untuk menghancurkan kebenaran. Jika diperburukkan mereka Sayyidi Ahmad, maka hancurlah segala sanad ilmu ulama kita.
Mari kita hadiahkan al-Fatihah buat Syaikh Utsman dan guru-gurunya...
http://bahrusshofa.blogspot.com/2005/12/syaikh-uthman-sarawak-murid-sayyidi.html